TOEFL-ITP Test: Checked!


bingung juga mesti pake gambar apa. masa iya pas tes gue selfie sambil nunjukin lembar soal?



yeah~ akhirnya gue ikut TOEFL-ITP juga. setelah penundaan selama berbulan-bulan dengan alasan mulai dari dompet cekak sampai ketiadaan niat untuk nyari tahu harus daftar di mana. Ternyata cuma di kampus sebelah,FEB UGM. *sigh* 

jadi ceritanya, Sabtu, 30  November 2013 Pukul 10.00 - 12.18 kemarin, gue ikut tes TOEFL-ITP di P2EB FEB UGM. *halah* *lengkep bener* Setelah perjuangan selama kurang lebih 2 jam-an. Terakhir tes itu pas kelas 2 SMA, waktu itu sih cuma tembus 503. *nangis* semoga yang ini bisa tembus 600. Udah 5 tahun lho yaaa bisalah naik 100 poin. *ngarep* *pake banget*

Oh iya jadi kemarin gue bayarnya $27, setara dengan Rp314.100, karena dolar lagi mahal-mahalnya. *nangis lagi*. Tapi gak papa ding. Tesnya lancar, alhamdulillah. Jadi, gue daftar di FEB nya udah dari tanggal 2 November sih, takut kuota penuh. Kan FEB UGM itu ngadain TOEFL-ITP Test 2x sebulan. Nah, kebetulan gue ikut yang November, ada yang tanggal 16, satunya 30. Gue ngambil yang terakhir. Biasanya tiap bulan gitu. Setelah daftar, lo kudu bayar ya secepat mungkinlah. Ngamanin kursi. Biasanya paling lama dua hari setelah, abis bayar lo kudu lapor langsung lagi ke kantornya. Dikasih kwitansi. Selesai. Tinggal tunggu tanggal main. *jreng* 
Oh iya, kemarin kwitansi gue ilang, biasalah. Tapi ternyata setelah gue ngelapor, gak papa kataya. Kan datanya udah kecatet juga. Huahaha. *tertawa jumawa**bangga*

Sret! Hari H telah tiba~ 

Oh iya, gue gak belajar sama sekali. *sombong* Soalnya males  belajar buat Ninosh bung! *dusta* *diselepet mbak shinta* Lagian kan proficiency test, :p *ngeles*
Gue berangkat dari kos jam 8, makan dulu. Jangan ngopi. Ntar pipis terus. Sampe di kampus jam 9, nunggu bentar, jam 9.25 baru otw ke FEB. Ternyata kebanyakan yang ikut mas-mbak S2. -.- Aku merasa kecil~ 
Lumayan banyak, sekitar 30. *hyaiyalah kuotanya segitu* 
Masuk ruangan Lab Bahasa, nyerahin KTP, tanda tangan, taruh tas di depan kelas, duduk manis sambil muter-muter kursi. Di meja udah disediain lembar jawaban, booklet soal dan guide book. *mules*. Sebelum tes ya mbak-mbak pengawas ngingetin tentang peraturan etc. Isi deh lembar jawaban, jangan lupa dibuletin ya nama nomor dkk. Kemarin gue lupa ngebulet-buletin nama. Untung aja keburu. Pantesan lkok kayaknya cepet banget nulisnya. Lha iya nulis doang kagak diitemin. *sigh*
mana gue tes sambil menderita batuh dan pilek parah. ih. enggak banget. pas listening gue batuh-batuk gitu. jangan dicontoh ya :| 

Yup. Tes dimulai~ seperti biasa, ada 3 materi yang diujikan, yaitu:



1. Listening Comprehension. 50 soal, 35 menit. 
Yah, jadi di sini kita bakal dengerin percakapan pendek, agak panjang dan panjang *ngok* Intinya ya, pokoknya kita musti dengerin baek-baek, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan harus nangkep inti percakapan mereka. Pertanyaan juga harus didengerin ya, jadi ya nyambung. Percuma kan lo tahu isi percakapannya apa tapi pertanyaan soalnya gak tahu apa? Oh iya, saran dari gue, pas dengerin, FOKUS dengerin. Jangan lihat atau sambil baca lembar jawaban. Konsentrasi lo bakal buyar. Percaya deh. Iya sih mungkin kebiasa multitasking, tapi jangan diterapin di sini. Risky. Kayak lo lagi ngomong sama orang tapi sambil baca, ya kan gak konsen. hihi. 

Biasanya yang ditanya misalnya, 
A. what did the man suggest the woman to do?
B. what is probably the woman is going to do?
C. what did the man immply?
D. what are they talking about?
etc. yang semacamnya. 

enak kalo cuma short conversation ttg kehidupan sehari-hari, yang bikin semaput itu ya kalo udah LC part  kesekian yang udah loooooong speech. And yeah, bukan sekadar speech ala gue SMA, tapi ini lecturing. Gile bok.  Masakan gue tiba-tiba ada di kelas Biology atau Physic atau Anthropology yang ngebahas tentang water purify? atau genetic-stuff? Terus ditanya isi lecture-nya apa? Kalo ada tugas disuruh ngapain?   *nangis* Untung gak ikut disuruh ngerjian tugasnya juga. *lebay*
terakhir denger itu mah tiga tahun lalu. *nangis lagi* Yaudahsih ya anggep aje nonton Geographic Explorer :)) 
Intinya di LC yang dibidik adalah  kemampuan lo menyimpulkan isi pembicaraan dan paham maksud pembicara. ;) 

2. Structur and Written Expression. 40 soal, 25  menit.
a.k.a Grammar. Muahaha. Gue suka sih ini. Relatif lebih mudah. asal lo kebiasa nulis dan baca dan ngomong bahasa inggris -dengan bener- pasti bisa. *jumawa* *dilempar kamus*. Iye, beneran. Jadi ya misalnya, um, bentar gue lupa. Oh iya, ada pilihan ganda sama pick the wrong word from the sentence given. Misalnya di satu kalimat panjang, ntar ada 4 huruf/frase yang digarisbawahi, nah lo musti tahu yang salah penggunaanya yang mana. Tricky banget nih emang. Jadi lo musti jeli ngelihat perbedaan adv, penggunaan verb untuk subject singular/plural, tenses yang dipake, kata sambung etc. Eits, kalimatnya bukan sekadar "I love you but you don't love like you used to." ya dan kenapa contohnya harus ini. Tapi kalimat complex nan ilmiah. Cuplikan science fact or history. *modar* Tapi seru kok, nambah referensi vocab. *positive thinking*
Teliti! harus banget. Gue aja ngoreksi beberapa kali, takut ada yang miss. Apalagi penggunaan passive./active, kecele kan gawat. Hihi. 40 soal 25 menit, jadi kira2 1 soal berapa detik? 37,5 detik. Pasti bisa dong? ;)

3. Reading Comprehension. 140 soal 115 menit.
NAH INI. yang bikin semaput -.-. Ho oh. Seinget gue kemarin, passagenya ada sekitar berapa ya? Lupak.  satu passage panjangnya rata-rata 4-6 paragraf. Hiks. What worse was, all of them were scientific facts. Well, yang gue inget pokoknya ada tentang heredity and behaviour of the birds, evolution of birds, children's books development from 7th century, voyage 1 and voyage 2's mission to Titan, a story from ice age at America continent etc. entahlah. kayaknya otak gue ngehang baca itu semua. *sigh* Jadi musti mikir dua kali gitu lho, siapa tahu ada pelajaran jaman SMA dulu yang nyangkut-nyangkut gitu siapa tahu berhubungan. nihil. ngok.

setiap satu passage ada sekitar 5-7 pertanyaan gitu. pertanyaan-pertanyaannya yang berkaitanlah ya. tapi dimana kaitnya itu yang bikin mangkel. :3 Jadi misalnya gini, um, di passage tentang voyage 1 dan voyage 2 itu yang ditanyain bedanya spacecraft yang dipakai pada misi yang mana sama yang mana, terus tugas mereka itu apa di luar angkasa sanah. intinya sih ya, bukan keseluruhan/kesimpulan passage aja, tapi malahan. DETAIL yang ada. lo bisa nangkep gak? HA! kebalikan dari LC ya. jadi lo kudu merhatiin detail ya. Baca berulang passagenya. Scanning and skimming! Jangan buru-buru ya. Soalnya sama aja boong kalo buru-buru terus musti baca ulang terus seperti yang gue lakukan.:3
Kalo gue sih, baca 2 kali keseluruhan passage. Baca soal. Biasanya ada soal yang langsung merujuk pada line tertentu. Langsung baca line yang dimaksud. Langsung ketangkep kok intinya apa. Ada juga soal yang cuma misalnya, sinonim dari kata A pada line kesekian sama dengan kata apa? gitu. itu gampang-gampang susah, iya kalo lo paham vocabnya, kalo gak ya, ngira-ngira aja sih dari kalimat yang ada kira-kira artinya apa :p
Gak terasa selesai deh dan ternyata lo nagih baca passagenya. muahaha.

Sekian deh tips dari gue. Kalo bisa dibilang tips sih. Entah penting apa gak tapi seru aja bagi pengalaman. :3 
Semangat ya sob TOEFL nya. Walau baru cuma ITP, kan kalo ada rejeki bisa iBT, ngumpul duit dulu. *ngorek celengan* *jual sepatu* *loakin baju*

Hihi. Semangaaat! Semoga tembus 600an! AMIN!




Comments

Popular posts from this blog

Sarkem, Jogja's Sex Stop

5 songs i over-played and never less love

Berpindah Kota